Apa protein hewani yang terbaik dan termurah ?

HARI AYAM DAN TELUR NASIONAL


APA PROTEIN HEWANI YANG TERBAIK DAN TERMURAH ? TELUR
Mengapa telur ? karena telur merupakan protein hewani yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat dan didapatkan dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. Dengan uang Rp.1000 kita sudah bisa menikmati kelezatan dari telur ayam, selain harga yang murah, telur juga mudah ditemukan di warung-warung dekat rumah kita, sehingga telur selalu menjadi andalan. Dengan harga yang terjangkau telur dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat yang membutuhkan kecukupan gizi berupa protein hewani. Rata – rata kebutuhan protein tubuh sekitar 0,8 gram per kg berat badan per hari. Tapi pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, diperlukan asupan protein hewani 1,2 gram – 15 gram per kg berat badan per hari. Tubuh harus selalu tercukupi kebutuhan proteinnya karena jika tubuh kekurangan protein, maka akan terjadi penurunan daya tahan tubuh.

Telur merupakan lauk yang bergizi tinggi dengan rasa yang enak serta mudah diolah.Telur memiliki komposisi zat gizi yang lengkap, dari sebutir telur didapatkan gizi yang cukup sempurna karena mengandung zat – zat gizi yang sangat baik dan mudah dicerna. Telur merupakan produk peternakan yang memberikan sumbangan terbesar bagi tercapainya kecukupan gizi masyarakat. Untuk mencukupi protein hewani yang dibutuhkan anak balita, cukup dengan memberikan sebutir telur (terutama kuning telur) setiap hari dan untuk orang dewasa dianjurkan mengonsumsi tiga butir telur setiap minggu. Wanita hamil dan menyusui memerlukan tambahan gizi yang dapat dicukupi dengan makan dua butir telur setiap hari. Hal ini sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan janin dan pembentukan ASI (Air Susu Ibu) bagi ibu yang sedang menyusui. Oleh karenanya telur merupakan bahan pangan yang sangat baik untuk anak – anak yang sedang tumbuh atau sedang dalam masa pertumbuhan dan memerlukan protein dan mineral dalam jumlah banyak dan juga dianjurkan diberikan kepada orang yang sedang sakit untuk mempercepat proses kesembuhannya. Dalam keadaan perekonomian keluarga yang terbatas, agar sehat perlu tetap mengkonsumsi protein hewani. Telur ayam menjadi prioritas pilihan yang paling layak sebagai sumber protein hewani bagi keluarga.
Semua makanan mengandung protein tinggi atau rendah dalam 100 gramnya tergantung kadar airnya. Artinya, mengkonsumsi susu sebanyak 100 cc dibanding telur ayam 100 gram, tentu saja nilai gizinya lebih baik telur ayam. Ini karena susu lebih banyak mengandung kadar air (85%) daripada telur. Sebagai gambaran, susu mengandung protein sekitar 3% sedangkan telur sekitar 12%. Padahal harga 100 cc susu relatif jauh lebih mahal daripada 100 gram telur. Karena itu telur merupakan sumber protein hewani yang terbaik sekaligus termurah. 

Kandungan protein yang ada dalam telur sangat penting bagi tubuh karena zat ini di samping berfungsi sebagai bahan bakar dalam tubuh juga berfungsi sebagai zat pembangun dan zat pengatur. Sebagai zat pembangun, protein merupakan bahan pembentuk jaringan- jaringan baru yang selalu terjadi dalam tubuh. Pada masa pertumbuhan, proses pembentukan jaringan terjadi secara besar- besaran termasuk pertumbuhan sel-sel otak untuk kecerdasan. Pada masa kehamilan, proteinlah yang membentuk jaringan janin dan pertumbuhan embrio. Protein juga mengganti jaringan tubuh yang rusak dan yang perlu dirombak. Fungsi utama protein bagi tubuh adalah untuk membentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang telah ada. Begitu berartinya kebutuhan protein bagi kehidupan kita, jadi untuk mencukupinya konsumsilah telur yang merupakan sumber protein hewani terbaik dan termurah.

Komentar