5 TIPS MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI SAAT PANDEMI



Pandemi covid-19 sudah menyebar ke Negara - Negara diberbagai belahan dunia dan telah sampai di Indonesia. Sejak munculnya kasus pertama, pandemi covid-19 memberi dampak pada perubahan kehidupan masyarakat diberbagai aspek. Indonesia menerapkan aturan untuk menjaga jarak antar satu sama lain atau disebut juga physical distancing, semua aktifitas mulai dari sekolah, kerja dan ibadah dianjurkan untuk dilakukan dirumah saja guna memutus rantai penyebaran virus. Kemudian ada aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskla Besar) yang membatasi ruang gerak social masyarakat. Kegiatan sekolah dan kerja yang biasanya dilakukan diluar rumah dengan bertemu banyak orang sekarang harus dilakukan dirumah. Saat pandemi ini mengharuskan manusia untuk tetap produktif meskipun dari rumah, teknologi siap memainkan perannya. 

1. MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI UNTUK INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Penerapan aturan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah membuat kita harus cepat dan tanggap dalam mencari dan mendapatkan informasi. Jarak antar rekan kerja atau teman sekolah yang untuk saat ini tidak diperbolehkan bertemu akan menjadi penghalang dalam berkomunikasi. Penggunaan teknologi untuk informasi dan komunikasi dapat menjadi solusi atas halangan yang ada. Teknologi google yang ada dapat digunakan untuk mencari segala macam bentuk  informasi yang kita inginkan. Sedangkan untuk berkomunikasi kita bisa menggunakan berbagai macam social media seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, telegram, dan lain sebagainya.

2. MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI UNTUK PENDIDIKAN
Para pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA sederajat hingga mahasiswa/i di perguruan tinggi melakukan proses pembelajaran bersama guru dan dosen  berbasis elektronik dengan memanfaatkan media jaringan computer atau dengan kata lain pembelajaran secara online menggunakan sarana media WhatshApp, Telegram, Gmail, Google classroom, google drive serta video conference seperti Zoom, CloudX dan lain -lain.
Sebuah Penelitian Cambridge International melalui Global Education Census 2018 menunjukan bahwa siswa Indonesia menduduki peringkat tertinggi secara global selaku pengguna ruang IT atau komputer di sekolah baik melakukan pembelajaran dengan Guru maupun dengan sesama mareka. Maka dalam hal ini pemerintah sangat tepat mengeluarkan sebuah regulasi menyangkut dengan sistem pembelajaran daring di setiap satuan pendidikan mulai dari tingkat Sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi, agar bangsa Indonesia tidak ternoda dengan hal-hal yang tidak dibenarkan oleh agama maupun negara agar cepat terhindar dari pandemi wabah Covid 19. 

3. MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI UNTUK BISNIS
Para pekerja yang diharuskan bekerja dari rumah bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Gmail, Skype, Zoom Cloud Meeting, Google Drive, Google Docs dan aplikasi sejenisnya.
Hampir semua jenis bisnis terkena dampak dari pandemi ini, mulai dari bisnis wisata, transportasi, kuliner dan semua bisnis yang dilakukan secara offline. Pandemi ini mengajarkan bahwa semua jenis bisnis harus bisa dilakukan secara online meskipun dalam keadaan terpaksa. Bisnis harus ersifat dinamis dan mampu beradaptasi dengan keadaan. Bisnis yang dijalankan secara online bisa memaksimalkan penggunaan teknologi yang ada seperti website, social media dan platform marketplace.
Penggunaan website untuk bisnis memiliki keunggulan  dibandingkan platform lain. Meskipun untuk mewujudkan bisnis online dalam bentuk website memerlukan biaya yang lebih, namun tidak perlu khawatir karena ada kesempatan untuk mendapatkan diskon hosting murah. Selain itu juga perlu dilakukan cek domain agar mengerti alamat website apa saja yang bisa digunakan.

4. MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI UNTUK UPGRADE SKILL DAN BAKAT
Selama #dirumahaja pasti kita akan merasa bosen dengan aktivitas yang monoton. Tidak ada salahnya kita mulai meliha kemampuan kita dan mencoba meng-upgrade-nya dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Mungkin kita memiliki bakat dibidang Art, kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada seperti photoshop dan corel draw untuk mengasah bakat yang kita miliki. Mungkin juga kita memiliki hobi makan dan bakat dibidang kuliner, kita bisa menonton berbagai macam video tutorial cara membuat makanan yang kita inginkan di YouTube lengkap dengan bahan-bahan yang perlukan. Atau ada yang hobi menulis ? Bisa ikut kelas menulis online, belajar nulis novel atau artikel dan dapat bonus teman dari berbagai daerah.

5. MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI UNTUK HIBURAN
Kabar berita pandemic covid-19 yang tidak kunjung usai membuat kita jenuh atau bahkan stress menghadapi pandemi global ini. Mari kita manfaatkan teknologi yang ada untuk sedikit memberi hiburan disela-sela kecemasan yang kita rasakan. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat memberi hiburan bagi kita, mulai dari beraneka macam game, YouTube sampai aplikasi yang memuat banyak konten-konten lucu yaitu TikTok. YouTube sebenarnya bukan hanya berperan sebagai sumber hiburan, namun YouTube juga menyediakan berbagai macam video tutorial yang sangat membantu sekaligus menghibur. Dimulai dari cara menyemir sepatu, tips membuat makanan burung yang sehat, hingga tutorial mengupas kulit jeruk dengan benar.

#OnlineinAja dan #LombaBlogQwords

Komentar

Posting Komentar