Hubungan Kacang Tanah, Hormon Tiroksin, dan Produksi Susu Ternak

 Kacang Tanah - Hormon Tiroksin - Produksi Susu

    Pada saat ternak memasuki periode laktasi, sintesis susu dikontrol oleh hormon tiroksin (sintesis protein), paratiroid (sintesis Ca dan P), insulin (sintesis glukosa) dan aldosteron (sintesis elektrolit dan mineral), sedangkan sekresi susu lebih banyak dikontrol oleh hormon prolaktin dan oksitosin (Tucker, 1985). Tiroksin bersama dengan hormon lain meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan kelenjar susu dan mempertahankan masa laktasi. Penyuntikan hormon tiroksin dapat meningkatkan produksi susu pada sapi perah. Hormon tiroksin berpengaruh terhadap metabolisme kelenjar susu, aliran darah, pembagian nutrisi, dan kecepatan sekresi kelenjar susu (Gueorguiev, 1999). 

    Kacang tanah mengandung lemak 40-50%, protein 27%, Karbohidrat serta vitamin (A, B, C, D, E dan K) disamping itu kacang tanah juga mengandung bahan-bahan mineral antara lain Ca, Cl, Fe, Mg, P, K, dan S yang dibutuhkan untuk produksi susu (Suprapto, 2009). Substrat (seperti glukosa, asam amino asam lemak, mineral dan vitamin) akan berdisfusi sebagai bahan dasar sintesis komponen susu, substrat ini sesuai dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang tanah (Srikandi, 2013). 

    Hasil penelitian Aminah dan Arumsari (2015) menunjukkan bahwa pemberian sari kacang tanah berpengaruh terhadap kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui di BPM Ny. M Kabupaten Kediri. Selain itu kulit kacang tanah sampai taraf 16% juga dapat dijadikan sebagai pakan sapi laktasi (West et al., 1993). Sehingga dapat diketahui bahwa kacang tanah berpotensi dijadikan sebagai pakan ternak perah (sapi, kambing dan domba) untuk tujuan peningkatan produksi susu. Namun, publikasi ilmiah mengenai pemanfaatan kacang tanah sebagai pakan ternak perah belum banyak dilakukan. Terutama penelitian tentang hubungan antara pemberian pakan berupa kacang tanah terhadap kadar hormon tiroksin dan pengaruhnya terhadap produksi susu.

Referensi 

Aminah, S., Arumsari, D.R., 2015. Pengaruh pemberian sari kacang tanah terhadap kelancaran produksi asi pada ibu menyusui di bpm ny. m kandangan kabupaten kediri. J. Ilm. Kebidanan 6, 23–28. 

Tucker H.A. 1985. Endocrine and Neural Control of the Mammary Gland. In: Larson B.L., editor. Laktation. The Iowa State University Press/AMES. 

West, J.W., Hill, G.M., Utley, P.R., 1993. Peanut Skins as a Feed Ingredient for Lactating Dairy Cows. J. Dairy Sci. 76, 590–599.

Komentar