Limbah udang jangan dibuang, ini manfaatnya !

Manfaat Limbah Udang



Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman yang bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang biasa dijadikan makanan laut atau biasa dikenal dengan istilah seafood.

Proses pengolahan udang akan menghasilkan hasil samping berupa limbah. Kulit, kepala dan ekor merupakan limbah udang yang memiliki berbagai manfaat karena mengandung senyawa kimia berupa khitin dan khitosan. Berikut ini adalah manfaat yang dapat diperoleh dari limbah udang :

1. Limbah udang sebagai pengolah limbah industri.
Limbah udang mengandung senyawa kimia berupa khitin dan khitosan. Senyawa ini dapat diolah dan dimanfaatkan sebagai bahan penyerap logam-logam berat yang dihasilkan oleh limbah industri. Hal ini dimungkinkan karena senyawa khitin dan khitosan mempunyai sifat sebagai bahan pengemulsi koagulasi, reaktifitas kimia yang tinggi dan menyebabkan sifat polielektrolit kation sehingga dapat berperan sebagai penukar ion (ion exchanger) dan dapat berfungsi sebagai absorben terhadap logam berat dalam air limbah.

2. Limbah udang bagi kesehatan.
Pada kulit udang ada senyawa yang dikenal sebagai chondroitin yang dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi proteoglikan dan kalogen yang merupakan komponen penting pada sendi, membantu lubrikasi pada sendi, dan berperan sebagai shock absorber.

3. Limbah udang untuk pakan ternak
Limbah udang hasil olahan berupa kepala, ekor dan kulit, dapat diproses jadi sumber bahan baku yang menjadi substitusi tepung ikan. Limbah udang berpotensi karena masih memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Limbah udang diolah menjadi tepung limbah udang.
Tepung limbah udang mengandung semua asam amino essensial, sumber asam amino aromatik seperti fenilalanin dan tirosin yang  kandungannya lebih tinggi daripada tepung ikan. Selain mengandung protein tinggi, tepung limbah udang berguna sebagai sumber kolesterol pakan ikan budidaya dan dapat pula digunakan sebagai pakan hewan ternak lainnya (ayam broiler).

Menurut penelitian yang dilakukan Filawati, dkk (2018) pemanfaatan limbah udang terfermentasi dengan Probio FM dalam ransum ternak sapi sebanyak 10% dalam konsentrat akan memberikan hasil optimal terhadap konsumsi nutrien dan pertambahan bobot badan harian.

4. Limbah udang sebagai pembangkit listrik.
Penerapan tenaga surya sebagai sumber energi selama ini terhambat mahalnya teknologi solar sel. Namun sekelompok peneliti di Queen Mary University of London (QMUL) berhasil mengembangkan panel sel listrik dari bahan yang mudah dan sebelumnya tak terduga : cangkang udang.
Mereka mengklaim kandungan kitin dan kitosan pada cangkang udang lebih murah ketimbang rutenium—mirip platinum yang saat ini digunakan sebagai materi panel berstruktur nano. 

Para peneliti mengolah cangkang krustasea dan udang dengan proses hidrotermal karbonisasi untuk membuat titik kuanton karbon (CQDs), yang biasa ada dalam panel surya. Peningkatan efisienisi akan terus dilakukan agar teknologi ini dapat digunakan di mana saja selama tersedia cahaya matahari. Tim peneliti dari QMUL sebelumnya pernah menggunakan biomassa dari ganggang untuk membuat superkapasitor yang dapat menampung listrik dari tenaga surya.

5. Manfaat kulit udang
– Bahan antirayap.
– Penghambat perbanyakan sel kanker lambung manusia.
– Meningkatkan daya tahan tubuh.
– Menurunkan kolesterol
– Mengurangi beban kerja liver.
– Mengurangi tekanan kerja organ tubuh lain akibat lemak berlebihan
– Mempercepat penyembuhan luka dan kerusakan tulang.
– Menghindarkan dari kemungkinan terjangkit penyakit typhus.
– Menghambat pertumbuhan berbagai mikroba patogen penyebab penyakit typhus.
– Pengganti MSG tau vetsin.

Referensi :

Filawati., Mairizal., dan Suparjo. 2018. Pemanfaatan Limbah Udang Terfermantasi Sebagai Pakan Ternak Sapi. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan.  Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan. 21 (1) : 29-36.
https://bambies.wordpress.com/2015/08/28/udang-dan-tenaga-surya/

Baca Juga :
Kulit udang jangan dibuang, bisa dibikin panel energi surya




Komentar