Ketahui Umur Sapi dari Giginya

Cara Mengetahui Umur Sapi Melalui Gigi


Untuk mengetahui umur sapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya mengamati melalui gigi. Buka mulut sapi dan amati giginya lalu bandingkan dengan gigi yang lainnya. Kita tidak dapat langsung membuka mulut sapi ketika menjumpainya, tentu saja ia akan berontak, dan satu kibasan kepalanya saja cukup membuat tangan kita keseleo, berhati hati lah.
Pertama-tama, hadling/pegang sapi dengan baik. Jika ia berkeluh hidung, pegang tali keluh hidungnya, agak ditarik sedikit hingga ia tidak berontak, cukup sedikit saja menariknya, jangan terlalu menyakitinya jika si sapi sudah menuruti kehendak kita. Lakukan handling dengan tangan kanan, dengan kuat dan hati-hati. Kemudian dengan tangan kiri anda yang bebas, buka mulut sapi, bagian bibir sebelah bawah dan amati giginya, apakah sudah tumbuh gigi seri permanent, ataukan masih gigi kecil meruncing ?? Catat pengamantan dan bandingkan dengan tabel indikator usia berdasarkan gigi seri permanen (jika tidak hafal). Jika terlalu sulit bagi kita untuk melakukannya sendiri (karena kemampuan handling membutuhkan jam terbang yang tinggi wkwk), kita dapat menggunakan tali untuk mengikat tali keluh hidung dan menaikkan posisi kepala sapi, sehingga kedua tangan kita bebas untuk mengamati gigi sapi. Namun ingat, ikatkan tali tersebut pada pagar atau tiang yang benar-benar kuat, hindari mengikatkannya pada ranting pohon atau kayu rapuh layaknya hati yang terluka (dilarang baper hihi).
Jika cara kedua masih sulit, kita bisa minta tolong kepada petugas kandang untuk handling sapi, dan kita bisa bebas mengkesplorasi gigi sapi. Jangan terlalu lama mengamatinya, karena dalam keadaan di handling , sebenarnya sapi merasa sedikit sakit karena hidungnya ditarik, dia bisa saja berontak. Itu berbahaya bagi kita dan petugas kandang yang menemani, jadi lakukan pengamatan gigi dengan cepat dan tepat. Setelah kita mendapatkan data jumlah gigi seri permanent yang telah tumbuh dan tingkat keausannya, kita dapat menentukan umurnya berdasarkan kategori berikut :
1.      Gigi susu penuh, belum ditemukan gigi seri permanen = dibawah 2 tahun
2.      2 gigi seri permanen = 2 tahun 3 bulan
3.      4 gigi seri permanen = 3 tahun
4.      6 gigi seri permanen = 3 tahun 6 bulan
5.      8 gigi seri permanen = 4 tahun
6.      Gigi seri permanen tampak aus = sapi tua, lebih dari 4 tahun
Cukup sederhana bukan, silahkan anda terapkan pada ternak peliharaan anda dirumah, dan selalu berhati hati saat handling, demi keselamatan Anda dan petugas kandang Anda. Selamat Mencoba.


Komentar