MINUM SUSU ITU PENTING LOH. INI ALASANNYA !



5 Alasan pentingnya minum susu

Susu merupakan makanan alami yang hampir sempurna. Sebagian besar zat gizi esensial ada dalam susu, diantaranya yaitu protein, kalsium, fosfor, vitamin A, dan tiamin (vitamin B1). Susu merupakan sumber kalsium paling baik, karena disamping kadar kalsium yang tinggi, laktosa didalam susu membantu absorpsi susu didalam saluran cerna. Banyak nutrisi penting dalam susu yang dibutuhkan tubuh. Sungguh disayangkan konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah sekali dibandingkan Negara lain di Asia Tenggara.
Berikut ini adalah 3 alasan pentingnya minum susu :
1.   Susu penting untuk kesehatan tulang
Manfaat susu untuk kesehatan tulang dapat dirasakan jika kita minum susu 2 gelas perhari (setara dengan 480 ml). Seseorang yang mengonsumsi susu dalam jumlah yang rendah pada saat masih anak-anak akan menghalangi tercapainya kepadatan tulang secara maksimal, sehingga ketika dewasa akan terjadi penurunan massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis.
Menurut Khosman (2004), susu mempunyai peranan penting dalam mencegah osteoporosis, hal ini disebabkan karena susu merupakan sumber kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk pembentukan tulang.
2.   Susu penting untuk kesehatan gigi
Susu juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. Mengonsumsi susu secara rutin akan menjadikan gigi kita sehat, kuat dan terlindungi dari kerusakan. Namun juga harus dibarengi dengan terus menjaga kebersihan gigi.
Kandungan protein dan kalsium yang tinggi menjadikan susu dapat melindungi gigi dari proses rusaknya gigi. Didalam susu terdapat kasein. Kasein adalah golongan protein yang paling sering ditemukan di dalam susu. Kasein mengandung bioaktif peptide (ikatan kompleks antara kalsium fosfopeptida dan kalsium fosfat amorf). Mekanisme yang dilakukan protein kasein dalam menjaga kesehatan gigi adalah menjegah terjadinya demineralisasi dan menghambat perlekatan bakteri atau pembentukan biofilm pada gigi.
3.   Susu penting untuk kecerdasan otak
Ada satu alasan lagi mengapa minum susu itu penting yaitu susu yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak akan bermanfaat untuk kesehatan otak. Para peneliti meyakini nutrisi tertentu dalam produk susu, seperti magnesium yang bisa membantu mencegah hilangnya daya ingat yang ujungnya dapat membantu agar otak berfungsi dengan baik.
4.    Susu penting untuk mengurangi keluhan insomnia
Susu juga bermanfaat untuk mencegah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur, serta meningkatkan kewaspadaan di kemudian hari, hal ini didasarkan atas sebuah studi di Amerika Jurnal of Clinical Nutrition, dikatakan juga dengan mengkonsumsi susu sebelum tidur, bukan hanya kualitas tidur kita yang baik, namun juga ketika bangun kita tidak akan merasa lelah, dan tidak ada efek sampingnya, tidak seperti jika kita mengkonsumsi obat tidur.
5.    Susu penting untuk mengurangi Resiko Kanker Usus
Ternyata, susu juga membantu kita mengurangi resiko terkena kanker usus. Kanker usus adalah penyakit ketiga yang menjadi penyebab kematian di seluruh dunia, dan berdasarkan sebuah penelitian, mengkonsumsi 16 ons susu sehari dapat mengurangi resiko terkena kanker usus sebesar 12 %. Terlepas dari kontroversi bahwa susu sapi mengandung jumlah kalsium dibandingkan susu yang berasal dari mamalia lainnya, minum susu tampaknya sudah merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi oleh kita.
Referensi :

Komentar